Pulau Randayan ( Kalimantan Barat )

Pulau Randayan merupakan salah satu obyek wisata di Kalimantan Barat dan berada di kawasan Kepulauan Lemukutan Besar, terletak di Laut Cina Selatan di sebelah Barat Pulau Kalimantan. Pulau Randayan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih   jam dengan menggunakan perahu kelotok dari Steigher Teluk Suak atau dari Sungai Raya. Jaraknya yang tidak terlalu jauh membuat Pulau Randayan sangat asyik untuk dikunjungi. Pulau Randayan memiliki alam yang sangat indah serta pemandangan bawah laut yang sangat eksotis. Selain itu, pantai pasir putih yang dimiliki Pulau Randayan sangat indah untuk menarik wisatawan datang ke pulau ini. Kita dapat ber-snorkling sambil menikmati ekosistem bawah laut yang masih terjaga keasriannya.
Sebagai salah satu obyek wisata andalan yang
dimiliki oleh Kalimantan Barat, Pulau Randayan selama ini telah banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal, domestik, maupun asing. Jika dilihat dari kejauhan, Pulau Randayan memiliki
pantai dan warna air yang sangat jernih sehingga cocok untuk olahraga menyelam. Selain itu, bagi para wisatawan yang merasa capek menikmati pemandangan pulau ini dapat langsung beristirahat di villa-villa kecil yang disediakan oleh pihak pengelola pulau. Sambil rehat, mereka juga dapat sambil menikmati hembusan angin pantai yang sepoi-sepoi karena villa-villa tersebut menghadap ke laut.
Di dasar laut Pulau Randayan, terdapat banyak misteri kehidupan. Dari perilaku hidup terumbu-terumbu karang, hingga kisah-kisah makhluk hidup lainnya. Mereka tumbuh dan berkembang biak secara alami dalam sebuah mata rantai kehidupan yang laut yang unik. kondisi geografis pulau ini sangat layak dikunjungi. Letaknya sangat strategis dan aman serbuan ombak besar Laut Natuna. Berdasarkan catatan yang ada, Pulau Randayan memiliki karang hidup sekitar 4,50 hektar, karang mati 3,69 hektar, lamun 0,63 hektar, dan pasir seluas 4,77 hektar. Kondisi itu sangat memungkinkan bagi siapa pun yang memiliki hobi menyelam untuk mengeksplorasi keindahan alam bawah airnya.
Mendatangi Pulau Randayan, kita bisa bertolak dari Teluk Suak. Perjalanan dari Pontianak menuju Teluk Suak dapat ditempuh selama 2,5 jam dengan jarak sekitar 115 km. Teluk ini berada di 32 km dari Kota Singkawang.
Dari Teluk Suak Anda dapat menggunakan speed boat dengan tarif pulang pergi (PP) Rp150.000,-.
Alternatif lain, Anda dapat menggunakan perahu motor atau kapal khusus. Tetapi, Anda harus berangkat dari Pasir Panjang. Tarif kapal khusus adalah Rp.100.000,-PP, sedangkan tarif perahu motor adalah Rp30.000,- PP.

Fasilitas yang tersedia di sini selain snorkeling dan menyelam, kita juga bisa memancing. Ikan hasil tangkapan bisa langsung dinikmati dengan dibakar di sana.
Makan ikan bakar sambil menikmati pemandangan di tepi laut yang indah pasti akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.
Fasilitas wisata lainnya adalah vespa air. Fasilitas ini telah disediakan oleh pihak pengelola pulau.
Untuk menginap, kita dapat menyewa vila/cottage. Vila-vila ini berdiri menghadap laut. Hal ini memungkinkan kita menikmati panorama pulau dan laut langsung dari vila yang ditinggali. Tarif penginapan di sini bervariasi. Ada penginapan atau cottage dengan tarif Rp400.000,- per malam.
FYI, Pulau Randayan adalah pulau pribadi yang telah disulap menjadi sebuah wisata bahari yang mempesona.

jika kita mengitung rincian dari bandara supadio
*taxi Rp 150 ribu ke teluk suak (wilayah desa karimunting)
*batu layang bis umum Rp.20 ribu ke teluk suak
*KMP [kapal motor penumpang] 40 ribu (PP)
*penginapan RP 300 ribu bisa nego
disana anda juga ditawarkan banyak panorama alam antara lai sunset, sunrise, panorama laut, dan jika anda beruntung anda akan meliha penyu yang naik ke daratan untuk bertelur

11 komentar:

dian mengatakan...

emmm ulau ini menginagtkan saia pada libur akhir tahun kemaren *_^

Unknown mengatakan...

jadi kangen liburan kerandayan lagii. . . .

Cumiiadjah mengatakan...

wahh. seru ni kyknya..tp klo bs sekalian donk cantumin biaya beserta akomodasinya

Unknown mengatakan...

sudah saya cantumin biaya akomodasi nya ☺

Ms.Confident mengatakan...

kalau bwa motor dr pontianak ke teluk suak ,,, itu motor nya bisa dititipin gak ya ? klo bisa dmana ny ? n kira2 perlu byr lgi gak untuk penginapan motornya ?
:D
klo motor nya d bwa dr teluk suak k pulau randayan bisa gak ya min ?
mksh info ny
kira2 ad nomor yg bsa d hubungi tidak ?? buat nanya2 hehehe

eckosz mengatakan...

Bisa kok dititipkan ke salah satu penitipan di Belakang Rumah makan di pasar Teluk Suak

Unknown mengatakan...

bs mnta no kontak yg bs di hub buat ke pulau randayan?

Anonim mengatakan...

kapal dari telok Suak ke pulau Randayan.. apa ada setaip hari..? .. kalau dari Jakarta menuju pontianak dan langsung dr bandara ke teluk Suak apa mungkin..? atau harus menginap dulu d pontianak..? thanks for sharing...

Deviana mengatakan...

izin kopy y

Unknown mengatakan...

postingan yg mantap gan..
sangat bermanfaat bagi wisatawan.. :D
Mau menikmati liburan dengan paket wisata unik dari Sumatera Barat, kunjungi kami di TOURS MINANGKABAU
Terima kasih

Unknown mengatakan...

Ad nomor penginapan yang bisa di hubungi.untuk boking dulu.

Posting Komentar

Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Disini saya berharap agar pembaca blog ini dapat mengetahui tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia Walauun tidak semuanya saya share diblog ini. Semoga Bermanfaat Mohon Komentar Anda Untuk Membangun Blog kami ☺☺